Trailer & Review Enemy OF The State (1998), Will Smith pengacara yang dikejar NSA

Apa kabar, Will Smith seperti yang kita tahu, adalah aktor berbakat yang membintangi film-film keren. Termasuk, film yang satu ini, berjudul Enemy of the State yang dirilis tahun 1998, dari judulnya kita tahu kemana film ini akan melangkah. Yep, Politik, CIA, FBI, NSA pasti terlintas di pikiran kita dan itu tidak salah.   

SINOPSIS

Robert Clayton Dean (Will Smith) adalah seorang pengacara sukses yang tinggal bersama istri dan seorang anaknya, awal mula kisah Robert Clayton Dean baik-baik saja, hingga akhirnya dia bertemu dengan seorang teman lama di jalan. Ia tidak tahu jika sejak saat itu kesulitan mulai menimpanya. Teman lamanya itu yang sedang diburu, diam-diam menyelipkan sebuah disk kepada Robert tanpa setahu Robert sendiri. Tidak lama kemudian teman lama itu terbunuh. Robert mendapati dirinya  dibayangi-bayangi satu kelompok agen pemerintah dari NSA (National Security Agency) yang menginginkan disk itu. Robert tidak bisa mencari pertolongan dari teman atau rekan sekerja maupun keluarga karena bsia membahayakan mereka dan juga asetnya dibekukan oleh NSA.

enemy_of_the_stateTidak hanya itu, tanpa sengaja Robert tersandung dengan kasus pembunuhan mengerikan yang akan membuatnya menjadi tersangka. Untunglah dalam keputusasaan itulah, Robert bertemu dengan Edward "Brill" Lyle (Gene Hackman). seorang mantan agen rahasia dan kini menjadi broker informasi dan data intelijen. Dengan pertolongan Brill, ia mendapati fakta bahwa disk itu berisi rekaman pembunuhan seorang anggota Kongres (Jason Robard) oleh sekelompok agen NSA yang di bawah perintah seorang politikus korup, Thomas Brian Reynolds (Jon Voight). Thomas yang menjadi penasehat senior NSA itu menginginkan anggota kongres tersebut membantu meloloskan sebuah undang-undang komunikasi yang akan memberi keuntungan besar bagi Thomas.

Namun anggota kongres itu menolak sehingga dibunuh. Oleh Thomas dan para agen NSA korup, pembunuhan tersebut direkayasa sebagai bunuh diri. Secara kebetulan teman lama Robert yang berujuan merekam kehidupan hewan di taman, tanpa sengaja merekam pembunuhan itu. Sayangnya perekaman itu diketahui oleh  Thomas dan anak buahnya sehingga teman lama Robert pun diburu hingga tewas namun sempat memasukkan disk rekaman ke dalam pakaian Robert. Setelah menyadari pentingnya disk tersebut, maka  Robert dan Brill pun berusaha menyampaikan disk tersebut kepada pihak berwenang yang dapat dipercaya. Namun Thomas dan para agen NSA makin mendekat, apalagi gerak-gerik Robert ternyata bisa dipantau dengan bantuan teknologi mata-mata dan satelit.
Film ini tidak menceritakan Will Smith yang berperan sebagai Robert Clayton Dean adalah musuh utama, tetapi anggota kenegaraan sendirilah yang menjadi musuh negara. Film ini ingin menunujukan bahwa masih banyak musuh yang ada didalam pemerintahan, Film yang disutradarai oleh Tony Scott ("Top Gun") ini menyuguhkan ritme yang cepat namun pas, sehingga kita tidak capek dalam menontonnya. Adegan kejar-kejaran banyak mengisi scene di film ini, hal yang menarik adalah bagaimana Robert Dean menghadapi masalah pengejaran terhadap dirinya dan sekaligus meyakinkan istrinya bahwa dia tidak selingkuh.

Will Smith seperti biasa memberikan kualitas peran yang baik, apalagi didukung oleh jajaran pemeran yang berkualitas seperti Gene Hackman sebagai Edward "Brill" Lyle, Jon Voight sebagai Thomas Brian Reynolds, Barry Pepper sebagai David Pratt, Ian Hart sebagai John Bingham, Jascha Washington sebagai Eric Dean, James LeGros sebagai Jerry Miller, Jake Busey sebagai Krug dan Jack Black sebagai Fiedler.
Enemy of the State Movie Trailer

Share This Article


0 Response to "Trailer & Review Enemy OF The State (1998), Will Smith pengacara yang dikejar NSA"

Post a Comment