Sinopsis dan Trailer A Beautiful Mind (2001)

Apa kabar, setelah lama tidak menulis review, rasanya kangen untuk menulis lagi. Nah, Film yang satu ini baru saya tonton kemarin, sebenarnya film lama tapi saya baru tahu kemarin. Film Based On True Story berjudul A Beautiful Mind ini merupakan film yang bisa membuat kita terbawa dalam filmnya sehingga kita bisa mersakan kebingungan yang dirasakan oleh pemeran utama. A Beautiful Mind mengisahkan seorang matematikawan John Nash peraih nobel dalam bidang ilmu ekonomi pada tahun 1994, yang diperankan sempurna oleh Russel Crowe. Film ini merupakan peraih Academy Award.
Sinopsis
Seorang matematikawan jenius tapi tak simpatik, alias apatis bersekolah di perguruan tinggi Princeton dengan mendapat beasiswa Carniege. Dia adalah mahasiswa yang unik, tidak menyukai perkuliahan dan suka mbolos, karena menurutnya itu hanya membuang waktu saja dan mengekang kreatifias seseorang, dan hanya membuat otak tumpul. Dia justru lebih suka belajar secara otodidak, memahami dan memecahkan dinamika pergerakan natural melalui pemikirannya sendiri yang sangat kreatif. John Nash lebih banyak meluangkan waktu di luar kelas demi mendapatkan ide asli untuk meraih gelar doktornya dan diterima di pusat penelitian bergengsi, Wheeler Defense Lab di MIT.
a-beautiful-mind1
Permasalahan muncul ketika tanpa disadarinya dia mengidap penyakit gangguan jiwa schizoprenia -suatu gangguan jiwa yang menyebabkan penderita tidak bisa membedakan mana yang halusinasi dan mana yang nyata. Sebenarnya penyakit ini sudah sejak dia dari princeton, tapi tambah parah ketika ia mengajar di MIT. Hidup Nash mulai berubah ketika ia diminta Pentagon memecahkan kode rahasia yang dikirim tentara Soviet. Di sana, ia bertemu agen rahasia William Parcher. Dari agen rahasia ini, ia diberi pekerjaan sebai mata-mata. Pekerjaan barunya ini membuat Nash terobsesi sampai ia lupa waktu dan hidup di dunianya sendiri.
Istrinya tanpa henti berusaha untuk mengerti dan mencoba menyembuhkan John Nash dari halusinasinya tersebut. Dan kejadian-kejadian haru sekaligus seru berlangsung disini sampai akhirnya John Nash memantapkan diri untuk melanjutkan hidup.
Kasus John Nash ini adalah dia menganggap/berhalusinasi dirinya terlibat dalam konspirasi militer tingkat tinggi . Film ini juga memberi kita pesan bahwa kekuatan sebuah cinta mengalahkan apapun. Kesabaran dari seorang istri sehingga Nash mampu bangkit dan meraih nobel di tahun 1994.
Karakter-karakter yang ditampilkan dalam film ini begitu kuat, dengan gaya penceritaan yang baik dan para pemeran yang profesional menjadikan film ini begitu hidup dan nyata. Tak dipungkiri memang ada beberapa kejanggalan yang terjadi ketika Nash berhadapan dengan tokoh imajinasinya, tetapi itu tidak mengurangi kapasitas cerita dan kapasitas para pemain dalam film ini.

Share This Article


0 Response to "Sinopsis dan Trailer A Beautiful Mind (2001)"

Post a Comment