Kisah 3 Titik : Aspirasi para Buruh

Apa kabar,
Sudah mendengar kabar tentang film Kisah 3 Titik?apa latar belakang film itu dan bagaimana jalan ceritanya?, Sekarang kan kita bahas film Kisah 3 Titik ini. Dengan penyutradaraan Bobby Prabowo dan naskah garapan Charmantha Adji, Lola Amaria sebagai produser juga pemeran yang mempunyai perhatian khusus buat para tenaga-tenaga kerja kelas bawah, khususnya para perempuan kembali mengajak penontonnya mengusik problematika para buruh wanita yang seperti judulnya diwakili oleh 3 Titik yang mengacu kepada tiga nama karakter utamanya yang sengaja dibuat sama.

Titik pertama adalah Titik Sulastri (Ririn Ekawati), janda muda yang baru saja ditinggal mati suaminya. Kondisi ekonomi dengan satu putri dan jabang bayi dalam kandungan memaksanya untuk bekerja sebagai buruh kontrakan di sebuah pabrik tekstil raksasa, pabrik di mana tempat Titik lain, Titik Kartika (Maryam Supraba) gadis tomboy bekerja. Sementara di tempat lain yang lebih nyaman ada Titik Dewanti Sari (Lola Amaria), menejer perusahaan tempat dua Titik lain mencari nafkah. 
 
Film ini mendapat dukungan pemerintah melalui Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Kisah 3 Titik sebenarnya adalah sebuah aspirasi yang dikemas dalam sebuah film, semua aspirasi yang diteriakan para buruh selama ini tentang bagaimana kecilnya upah mereka, sistem outsourcing yang merugikan dan segala tetek bengek aturan-aturan perusahaan yang tidak manusiawi itu terhampar jelas di sepanjang film ini, namun menjadi menarik ketika ketika Bobby Prabowo dan Charmantha Adji berhasil menetralkan kepentingan berbau propaganda  itu dengan drama-drama kehidupan yang manusiawi. Kuncinya ada pada tiga karakter utamanya yang diceritakan secara bergantian dengan lembut dan visualisasi tekanan akan kehidupan buruh yang disampaikan dengan hebat.
Masing-masing cerita mempunyai daya tarik sendiri, meskipun tidak semuanya tersaji kuat namun mereka saling berhubungan satu sama lain dan itu menjadi daya tarik tersendiri. Ririn Ekawati memainkan peranya dengan totalitas yang hebat. Maryam Supraba meskipun masih sedikit canggung namun sudah cukup baik menghadirkan Titik yang tomboy. Sementara Lola Amaria tidak berada di performa terbaiknya, mungkin dikarenakan tuntutan karakter yang membuatnya tidak bisa berkembang banyak.
   
SINOPSIS
 
Mengisahkan tentang 3 orang pekerja perempuan yang mempunyai 1 kesamaan nama.. Titik. Mereka adalah Titik Sulastri, janda beranak 2 yang bekerja sebagai buruh kontrakan berupah rendah di sebuah pabrik garmen;Titik Dewanti Sari, perawan tua pemegang posisi bergengsi di sebuah perusahaan raksasa yang penuh skandal; dan Titik Kartika atau Titik Tomboy, anak preman yang bekerja sebagai buruh pabrik rumahan yang tidak takut mati demi keadilan. Tak hanya berbagi nama, ketiga Titik sama-sama terjebak dalam sebuah situasi yang membuat hidup mereka menjadi berubah 360 derajat.
 
Nah, bagaimana?tertarik untuk melihat film ini?
 
Kisah 3 Titik trailer


Sumber : Berbagai Sumber


Share This Article


0 Response to "Kisah 3 Titik : Aspirasi para Buruh"

Post a Comment